Kamis, 15 Agustus 2013

TENTANG KURIKULUM 2013, MONGGO DISEDOT SENDIRI (SELENGKAP2NYA)



Sahabat guru dan para pendidik,tahun pelajaran 2013/2014 tinggal beberapa hari lagi. Mari kita sambut dengan semangat meski dalam keadaan berpuasa,semoga mendidik selalu jadi tekad dan ibadah kita. Apakah sahabat sekalian telah menyiapkan Perangkat pembelajaran? Bagi sekolah yang masih menggunakan kurikulum KTSP,tentunya sudah. Namun bagi yang akan menerapkan kurikulum 2013 tentu saja masih dalam tahap persiapan.Sahabat sekalian,mari kita lihat contoh RPP Kelas 4 Kurikulum 2013.

Kurikulum 2013 telah dimulai di beberapa sekolah,beberapa rekan guru telah mendapatkan pelatihan tentang kurikulum baru tersebut. Semoga kurikulum baru nanti membawa peningkatan bagi dunia pendidikan di Indonesia. Meski terkesan instan, semoga para praktisi pendidikan dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk pelaksanaan Kurikulum baru.
Dalam pelaksanaan suatu kurikulum,silabus seperti sebuah kunci bagi terlaksananya proses belajar mengajar. Silabus menjadi patokan bagi guru untuk mengetahui standar kompetensi,kompetensi dasar, dan pedoman awal untuk mengembangkan indikator pembelajaran.
Sahabat Guru  dan para pendidik,mari kita lihat seperti apa silabus pembelajaran tersebut !
Silabus Kelas I     : Download di sini
Silabus Kelas IV  : Download di sini

Setelah mengikuti sosialisasi kurikulum 2013,saya sedikit memiliki gambaran. Pada waktu sosialisasi sekilas tersebut,narasumber melakukan peer teaching. Saya amat terkesan dengan pembelajaran yang dilakukan oleh narasumber, terlebih lagi saya menjadi model siswa kelas 1 yang diminta maju menyanyi dan tepuk tangan layaknya siswa kelas 1. Sebenarnya malu juga, tapi akhirnya saya mau karena melihat narasumbernya penuh semangat.
Sahabat guru, berikut ini saya sajikan contoh RPP Kelas 1 kurikulum 2013, semoga bermanfaat !

Buku Pegangan Guru Kelas 1

Pada penerapan kurikulum 2013 nanti,kita hanya perlu 1 buku kunci sebagai pegangan. Guru dituntut untuk kreatif mengembangkan pembelajaran. Dalam buku kunci pegangan guru tersebut,sudah tersedia langkah-langkah yang harus dilakukan guru saat mengajar. Satu buku mencakup satu tema, satu tema itu dikembangkan menjadi 4 subtema, dan setiap subtema dikembangkan ke dalam 6 kali pembelajaran. Untuk melihat seperti apa buku pegangan guru kurikulum 2013,berikut ini saya sajikan link untuk download buku tersebut.

Buku pegangan guru kelas 1
  1. Tema Diriku
  2. Tema Kegemaranku
  3. Tema Kegiatanku
  4. Tema Keluargaku

Buku Pegangan Guru Kelas 4 Kurikulum 2013


Pada kesempatan yang lalu,saya telah memposting buku pegangan guru kurikulum 2013 untuk kelas 1. Sekarang, saya ingin memposting buku pegangan untuk guru kelas 4. Semoga buku pegangan ini bermanfaat bagi sahabat guru untuk mempersiapkan pembelajaran.Sahabat sekalian dapat mendownload buku pegangan tersebut berdasarkan tema di bawah ini !


SUMBER:
http://buguruari.blogspot.com/search/label/Education

Tidak ada komentar:

Posting Komentar